HMPS mengirim perwakilan dalam Peringatan Hari Pahlawan Dinas Sosial Diy Tahun 2021 “Kegiatan Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial”

Pada Hari Rabu, 17 November 2021, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNY (HMPS) mendapatkan undangan kegiatan peringatan Hari Pahlawan 10 November oleh Dinas Sosial DIY. Acara tersebut diselenggarakan dengan latar belakang penguatan nilai karakter, kepahlawanan, kesetiawakawanan dan upaya restorasi sosial, dengan Tagline tahun ini ialah “Pahlawanku Inspirasiku”. Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah berkesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut karena merupakan perwujudan dari golongan pemuda dan mahasiswa yang mempunyai minat terhadap dunia sejarah. Selain itu, dengan diadakannya acara tersebut, diharapkan HMPS UNY mampu semakin matang dan terbuka wawasannya dalam memahami berbagai peristiwa sejarah, utamanya yang melibatkan sejarah lokal.
Kegiatan tersebut diisi oleh dua orang pembicara, yakni Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Kridamardowo, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kanjeng Pangeran Hario (KPH) Notonegoro yang juga merupakan menantu dari Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dalam pemaparannya, KPH Noto memberikan pandangan yang luas mengenai nilai perjuangan dan kepahlawanan dari jalur diplomasi. Karena mempunyai pengalaman yang kompleks dalam bidang Hubungan Luar Negeri dan pernah bertugas di PBB, KPH Noto memberikan sebuah statement khusus dari arsip-arsip PBB yang beliau baca khususnya pada masa Revolusi Fisik di Indonesia (1945-1949). Sedangkan, pada pemateri kedua diisi oleh mantan Kepala Dinas Sosial DIY yang juga pernah mempunyai tugas khusus untuk mencari bukti-bukti perjuangan yang pernah dilakukan seorang tokoh apabila hendak diangkat atau dianugerahi gelar “Pahlawan Nasional”. Beliau menuturkan bahwa amat sulit untuk mengangkat tokoh menjadi Pahlawan Nasional, karena bukti-bukti yang harus dikumpulkan sangat kompleks dan rinci. (Krensa, HMPS)