PERCEPATAN STUDI MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH ANGKATAN 2020

Pada Hari Rabu, 24 Mei 2023 Prodi Pendidikan Sejarah FISHIPOL UNY melaksanakan kegiatan Percepatan Studi untuk mahasiswa angkatan 2020. Kegiatan tersebut bertempat di Ruang Ki Hajar Dewantara, Gedung Dekanat Lantai II FISHIPOL UNY. Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Angkatan 2020 saat ini telah menginjak akhir semester 6, dan akan segera melaksanakan program KKN-PK yang dilaksanakan pada bulan Juli hingga Desember semester depan. Untuk itu, guna memberikan bekal dan pembinaan terkait Tugas Akhir Skripsi (TAS), maka kegiatan percepatan studi tersebut perlu dilakukan sedini mungkin, agar mahasiswa dapat mempersiapkan judul, proposal, serta memahami alur SIBIMTA yang berlaku di UNY.
Kegiatan percepatan studi dibuka oleh Kepala Departemen Pendidikan Sejarah FISHIPOL UNY, Dr. Zulkarnain, M.Pd yang menyampaikan secara umum perlunya diadakan percepatan studi untuk membekali para mahasiswa menghadapi gerbang dunia skripsi. Selanjutnya, kegiatan di isi oleh tiga pemateri yang membawakan materi yang berbeda-beda. Pemateri pertama adalah Dr. Dyah Kumalasari, M.Pd, dosen pendidikan sejarah sekaligus Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, dan Usaha FISHIPOL UNY yang membawakan materi “Memahami Alur Tugas Akhir Skripsi”. Pemateri berikutnya adalah Dr.,Drs. Muhammad Nurrokhman, M.Pd yang memberikan bekal seputar “Tata Kepenulisan Skripsi”  yang sesuai dengan aturan yang berlaku di UNY. Sedangkan itu, pemateri ketiga dalam acara tersebut adalah Prof. Dr. Aman, M.Pd yang memberikan materi tentang “Tips Cepat Menyelesaikan TAS”.
Setelah Ishoma Dzuhur, kegiatan dilanjutkan dengan FGD (Focuss Gorup Discussion) yang dilakukan antara mahasiswa bersama dosen prodi pendidikan sejarah sesuai dengan metode penelitian yang telah mereka pilih didalam pengajuan tema besar TAS. Kegiatan berlangsung sangat hangat dan terjadi diskusi yang menarik antara dosen dan mahassiwa dalam pembahasan tema tugas akhir tersebut. Dalam FGD, mahasiswa yang memilih metode Historis dibersamai oleh Prof. Saefur Rochmat, S.Pd, M.IR.,Ph.D.. Sedangkan mahasiswa yang memilih metode kualitatif dan kuantitatf dibersamai oleh Dr. Danu Eko Agustinova, M.Pd. dan Dr. Risky Setiawan, M.Pd. Sedangkan mahasiswa yang mengambil metode penelitian RnD dibersamai oleh Bapak Alifi Nur Prasetia Nugroho, M.Pd. (Kresna)